Tahapan Pemindahan SMK 2 Dimulai Tahun Ini

Pintu Gerbang SMK Negeri 2 Tanjung Selor di Jalan Meranti

Rencana pemindahan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Tanjung Selor, Bulungan mulai ada titik terang atau kepastiannya. Sekolah yang berlokasi di Jalan Meranti tak jauh dari Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) ini memang tepat jika dipindahkan. Sebab, gedung SMKN itu masih bergabung dengan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 007 Tanjung Selor. Kondisi itu telah berlangsung cukup lama. Selama ini proses belajar mengajar tetap berjalan lancar.

Terkait itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Utara (Kaltara), Sigit Muryono mengatakan, telah ada perkembangan kepastian pemindahannya. Jika sesuai rencana itu sudah dapat mulai dilakukan tahun ini. Lokasi yang telah disiapkan yaitu di Selimau, Tanjung Selor Timur. “Tahun depan insya Allah kita mulai kelanjutan prosesnya,” ungkap Sigit kepada Radar Kaltara.

Kebutuhan lahan guna memaksimalkan Unit Sekolah Baru (USB) itu sekira 3,5 hektare (ha). Di tahun ini dari total kebutuhan telah dimatangkan 1 ha. “Tahun ini sudah beli tanah. Lanjut lagi tahun depan. Sudah ada persiapan untuk USB-nya itu,” beber Sigit.

Lanjut dia, mempertimbangkan kondisi keuangan daerah yang minim, maka pembangunannya akan diperjuangkan melalui APBN atau bantuan dana pusat. “Sertifikasi lahan yang ada sudah kemarin,” imbuhnya.

Pemindahan SMKN 2 diakuinya, memang menjadi kebutuhan riil di lapangan. Selain pemenuhan dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) tenaga pendidik, persoalan infrastruktur juga menjadi poin penting yang wajib terpenuhi. Ketersediaan SDM pendidik dan infrastruktur yang memadai merupakan satu komponen yang tidak bisa dipisahkan. Bahkan keduanya saling melengkapi. “Makanya kita upayakan ada langkah percepatan pemindahan ini,” tegas dia.

Jika kondisi itu dibiarkan berlarut-larut yang akan dirugikan bukan hanya peserta didik SMK saja melainkan juga murid SDN tersebut. Sehingga solusi terbaik adalah dengan memindahkan SMKN 2 ke lokasi yang baru dengan harapan kedua institusi sekolah ini dapat lebih maksimal lagi proses belajar mengajarnya.

“Mudahan lancar karena banyak tahapannya mulai penyediaan lahannya sampe infrastrukturnya nanti. Tapi tahapan itu sudah dilaksanakan,” pungkasnya. ***